Senin, 08 Desember 2014

Sambangi Jambi, Pelatihan Komputer Dongkrak Kapasitas Tunanetra




Setelah Kulon Progo dan Malang, giliran tunanetra Jambi yang menjajal teknologi informasi. Melalui kegiatan yang diselenggarakan oleh DPP Pertuni (Persatuan Tunanetra Indonesia),  … tunanetra di Jambi memperoleh pelatihan komputer pada tanggal 9-13 Desember 2014 di Hotel Mega Indah Jl. Yusuf Singadikane, Bougenville IV No. 1 Telanai Pura,   Jambi. Kegiatan akan dibuka oleh Gubernur Jambi pada 10 Desember 2014, pukul 09:00-10:30 WIB.

Tunanetra juga harus mampu mengakses teknologi informasi. Pemikiran inilah yang mendorong DPP Pertuni menyelenggarakan pelatihan komputer bagi tunanetra. Betapa tidak. Dengan perkembangannya yang cukup pesat, semakin banyak aktivitas sehari-hari yang harus diakses melalui teknologi informasi.  Sebagai bagian dari masyarakat global, para tunanetra pun tak boleh ketinggalan dengan perkembangan teknologi tersebut.

Para instruktur yang juga merupakan tunanetra akan menyampaikan materi kepada peserta yang merupakan anggota Dewan Pengurus Cabang (DPC) Pertuni kota Jambi beserta tunanetra lain yang berdomisili di sekitar wilayah tersebut. Materi terdiri dari 25 persen teori  dan 75 persen praktik, yang terdiri dari pengenalan hardware, pengetikan dengan Microsoft Word, pencetakan (printing), hingga akses internet.  Komputer yang digunakan serupa dengan komputer pada umumnya, hanya saja dilengkapi dengan perangkat lunak pembaca layar. Dengan demikian, tulisan yang tampil di layar monitor dapat dikonversi dalam bentuk suara, sehingga tunanetra dapat mengaksesnya melalui pendengaran.

Dengan diselenggarakannya pelatihan komputer ini, diharapkan dapat terlahir instruktur-instruktur komputer tunanetra baru yang nantinya dapat menyalurkan ilmunya kepada tunanetra-tunanetra lain di sekitarnya. Selanjutnya, semakin banyak tunanetra yang memiliki keterampilan mengoperasikan komputer secara efektif, sehingga tunanetra dapat memiliki peluang lebih luas untuk berinteraksi dalam masyarakat, termasuk dalam memperoleh pekerjaan. 

 Berkat dukungan Yayasan Damandiri – sebuah lembaga yang aktif memberikan bantuan pada kegiatan pengembangan masyarakat di Indonesia, DPP Pertuni melanjutkan rangkaian pelatihan komputer ini.  Sejak tahun 2010 hingga 2012, pelatihan komputer telah berjalan sebanyak 10 angkatan dengan menghasilkan tak kurang dari 100 instruktur komputer tunanetra. Kemudian, masing-masing instruktur telah menyampaikan ilmu mereka kepada tunanetra-tunanetra lain di wilayah tempat tinggalnya, sehingga pada tahun 2014 telah ada sekitar seribu seratus tunanetra di seluruh Indonesia  yang mampu mengoperasikan komputer. Sebelumnya, kegiatan ini telah diadakan di delapan Propinsi, yaitu DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Timur, NTT, Bali, dan Sumatera Selatan.  Mengingat besarnya manfaat yang dihasilkan, maka pelatihan komputer ini pun dilanjutkan pada tahun 2014 dengan menyambangi tiga kota, yaitu, Kulon Progo, Malang, dan Jambi.

***
Informasi lebih lanjut dapat menghubungi
1.      Tri Bagio, Penanggung jawab pelatihan komputer untuk tunanetra dan Ketua III DPP Pertuni (08157111616)
2.      Mahretta Maha, Ketua II dan Pelaksana Harian DPP Pertuni: 081219935244

1 komentar:

  1. ok maju terus pertuni, lihat juga kegiatan PERTUNI Cabang Banyumas disini yaa
    http://www.infopurwokerto.info/pertemuan-pertuni-banyumas-pada-7-desember-2014/

    salam PETUNI dan maju terus tunanetra indonesia salam

    BalasHapus